Recent Comments

Blue Pond, Danau Berwarna Kebiruan Dari Jepang

Gambar I: Pemandangan Indah Danau Blue Pond

Keindahan alam yang ada di Jepang tidak hanya didominasi dengan indahnya pesona dari gunung Fujiyama dan bunga Sakuranya saja. Melainkan Jepang pun menyimpan keindahan panorama alamnya yang lain dengan adanya danau yang airnya berwarna kebiruan. Danau kebiruan tersebut telah menjadi perbincangan hangat bagi para pecinta wisata alam di berbagai negara karena dijadikan sebagai tampilan wallpaper oleh Apple untuk Operating Systemnya. Adapun nama dari danau yang berwarna kebiruan tersebut adalah danau Blue Pond.

Blue Pond yang dikenal sebagai danau yang airnya berwarna kebiruan terletak Biei yang merupakan salah satu pulau di Hokkaido yang tidak begitu jauh dari gunung Tokachi yang berjarak hanya sekitar 5 mil saja. Untuk menuju ke lokasi danau Blue Pond dapat ditempuh dengan melakukan perjalanan dengan menuju Jalan Prefektur No. 966. Di jalan Prefektur No. 966 adalah jalan yang menghubungkan antara pusat kota Bei dengan Tokachidake Onsen dari Shirogane Onsen. Setelah itu dapat menaiki bus dari stasiun Biei yang nantinya akan berhenti di tempat pemberhentian bus Shirogane Aoiike Iriguchi. Sesampainya di tempat pemberhentian bus tersebut maka para wisatawan dapat menuju lokasi danau Blue Pond dengan berjalan kaki sekitar satu sampai dua kilometer atau selama 10 menit perjalanan.

Keunikan dari Blue Pond yang dikenal juga sebagai kolam bermata air biru ini adalah perubahan warna airnya yang dapat menjadi warna hijau kebiruan bila terkena terpaan sinar matahari. Terdapatnya warna kebiruan dan kehijauan pada danau Blue Pond disebabkan oleh colloid yang diduga berasal dari dalam tanah dasar danau tersebut. Dengan adanya kandungan colloid yang sebenarnya dipakai untuk membuat antacid pada danau tersebut maka dampaknya mampu untuk merefleksikan warna yang ada di air danau berubah menjadi kebiruan dan kehijauan. Pada danau Blue Pond ini juga dapat dijumpai pepohonan yang telah mati yang letaknya berada di tengah-tengah danau. Sehingga memperindah kondisi danau yang tidak hanya berwarna biru tapi ada hiasan lainnya juga di sana.

Selain itu danau Blue Pond sebenarnya bukanlah danau alami yang terbentuk dari letusan gunung vulkanik yang ada disekitarannya seperti danau unik pada umumnya. Akan tetapi danau Blue Pond dibentuk secara sengaja oleh pemerintah setempat yang sebenarnya fungsi awalnya dijadikan sebagai bendungan untuk melindungi Kota Biei dari lava dan erupsi gunung Tokachi yang masih aktif. Sehingga keterkenalan danau Blue Pond ini adalah sesuatu yang tidak disangka-sangka oleh siapapun sebelumnya.

 Gambar II: Tampilan wallpaper OSX Mountain Lion Apple yang berlatar danau Blue Pond

Berbicara tentang awal mula tenarnya danau Blue Pond sebagai objek wisata di Hokkaido ialah berawal dari seorang fotografer asal Jepang yang mengabadikan keindahan danau Blue Pond dalam bentuk jebretan foto dibulan Oktober saat salju pertama turun. Foto Blue Pond yang diambil dari berbagai sisi oleh fotografer Jepang yang bernama Kent Shiraishi telah menarik perhatian perusahaan Apple untuk menjadikan sebagai tampilan wallpaper untuk OSX Mountain Lion. Dampak dari dijadikannya latar pemandangan danau Blue Pond oleh Apple menjadikan orang-orang yang menggunakan produk Apple merasa penasaran tentang danau yang dijadikan latar wallpaper pada gadgetnya. Sehingga hal itu lah mengundang banyak orang untuk mengunjungi danau Blue Pond yang terkenal dengan airnya berwarna kebiruan dan kehijauan.

Akan tetapi dari beragam sumber yang mengulas tentang danau Blue Pond tidak ada yang menyebut satupun tentang boleh tidaknya pengunjung yang datang untuk menyentuh air dari danau tersebut. Hal ini pun menjadi perhatian bagi sesiapapun yang hendak berwisata ke danau Blue Pond harap terlebih dahulu bertanya kepada siapa yang telah pernah pergi kesana. Ataupun bagi para pembaca sekalian yang mungkin kiranya tahu tentang keamanan air danau Blue Pond disentuh oleh kulit dapat mengomentari artikel ini. Selamat berwisata.

Sumber Tulisan:
http://travel.detik.com/read/2015/05/20/171112/2920206/1520/inilah-danau-biru-yang-jadi-gambar-wallpaper-apple
http://terselubung.in/uniknya-blue-pond-di-hokkaido-jepang/
http://breaktime.co.id/travel/destination/blue-pond-wisata-jepang-yang-jadi-wallpaper-macintosh.html
http://m.infospesial.net/30370/blue-pond-danau-ajaib-di-jepang-yang-berubah-warna-sesuai-musim/

Sumber Gambar:
http://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uploads/2015/02/The-Most-Beautiful-Pond-in-the-World-15__880.jpg
https://sociorocketnewsen.files.wordpress.com/2012/06/macbookpro.jpg
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment